Loading

wait a moment

Profil Desa

LEGENDA ASAL USUL DESA TULUNGREJO

Dahulu kala orang menyebut Desa Tulungrejo dengan sebutan “ karung “ karena memang itulah asalnya. Desa Tulungrejo terletak ditengah-tengah  wilayah Kecamatan Sumberrejo,maka tidak heran jika orang luar daerah menyebut orang yang berasal dari Desa Tulungrejo dengan sebutan “ Wong Tengahan “ artinya orang yang berasal dari daerah tengah. Asal muasal Desa Tulungrejo tidak diilhami oleh cerita seorang tokoh, namun terjadi oleh sebuah pergeseran budaya yang terjadi di tengah-tengah masyarakatnya meskipun demikian ada juga cerita yang menyebutkan mengapa desa yang dulu bernama Karung itu bisa berubah nama menjadi Tulungrejo.

Konon , Desa Karung ini mempunyai tiga wilayah dusun yaitu disebelah Timur, Selatan dan Utara. Orang Desa Karung adalah orang yang suka bekerja keras dan senang berusaha sehingga terkenal kaya, harta mereka banyak tetapi tidak berupa emas dan ternak melainkan berupa bahan makanan (Polowijo) dan harta mereka ini ditumpuk dalam bentuk karungan ( Zak yang terbuat dari bahan Goni ) yang disebut dengan Karung/Kadut. Untuk satu karung saja dibutuhkan 2 orang lebih untuk mengangkatnya. Mereka tinggal disebelah utara dan disebut dengan wong Karung artinya orang yang mempunyai banyak simpanan karung (harta).

Dan orang yang tinggal disebelah timur juga merupaka orang-orang yang kaya, sawah mereka luas dan harta bendanya banyak dan mereka mempunyai keajiban menyetor upeti kepada pemerintah yang berada di Karung. Karena jumlahnya besar dan jaraknya jauh maka orang wilayah timur ini merasa keberatan dan disebutlah orang-orang ini dengan sebutan wong Kantep. Kantep dari asal kata Antep yang artinya berat.

Sedangkan orang yang berada disebelah selatan ini adalah orang-orang miskin.Hal ini desebabkan karena diujung desa ini ( sebelah barat daya) bersarang komplotan berandal (Perampok) yang sering mbegal (menodong) orang desa di wilayah ini, dulu wilayah ini disebut dengan sebutan “Tenggor” artinya terror (Pengacau) karena seringnya Tenggor/diterror maka banyak orang-orang datang membantu mengusir/melawan perampok tadi. Karena banyaknya orang yang menolong maka ramailah  ( Rejo )  wilayah itu. Sehingga disebutlah desa itu dengan nama Desa Tulungrejo yang berasal dari kata Tulung (Tolong) dan Rejo (Ramai).