Loading

wait a moment

POS IMUNISASI DIFTERI DESA TULUNGREJO


 

Apa itu difteri?

Difteri adalah infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium. Gejalanya berupa sakit tenggorokan, demam, dan terbentuknya lapisan di amandel dan tenggorokan. Dalam kasus yang parah, infeksi bisa menyebar ke organ tubuh lain seperti jantung dan sistem saraf. Beberapa pasien juga mengalami infeksi kulit. Bakteri penyebab penyakit ini menghasilkan racun yang berbahaya jika menyebar ke bagian tubuh lain.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala difteri?

Walau bakteri difteri dapat menyerang jaringan apa saja pada tubuh, tanda-tanda yang paling menonjol adalah pada tenggorokan dan mulut. Tanda-tanda dan gejala umum dari difteri adalah:

·         Tenggorokan dilapisi selaput tebal berwarna abu-abu

·         Radang tenggorokan dan serak

·         Pembengkakan kelenjar pada leher

·         Masalah pernapasan dan saat menelan

·         Cairan pada hidung, ngiler

·         Demam dan menggigil

·         Batuk yang keras

·         Perasaan tidak nyaman

·         Perubahan pada penglihatan

·         Bicara yang melantur

·         Tanda-tanda shock, seperti kulit yang pucat dan dingin, berkeringat dan jantung berdebar cepat.

Bagaimana cara mencegah difteri?

Cara terbaik mencegah difteri adalah dengan vaksin. Di Indonesia, vaksin difteri biasanya diberikan lewat imunisasi DPT (Difteri, Tetanus, Pertusis). Dalam rangka pemberian vaksin difteri, dinas kesehatan bekerja sama dengan pemerintah desa Tulungrejo mengadakan Pos imunisasi Difteri secara gratis untuk kelompok anak usia 1 sampai 6 tahun. Pemberian vaksin dilakukan 3 kali, yaitu pada bulan Februari, Juli dan Desember.

 

Menurut infoimunisasi, anak harus mendapat vaksinasi DTP lima kali pada usia 2 bulan, 3 bulan, 4 bulan, 18 bulan, dan usia 4-6 tahun.

Untuk anak usia di atas 7 tahun diberikan vaksinasi Td atau Tdap. Vaksin Td/Tdap akan melindungi terhadap tetanus, difteri, dan pertusis harus diulang setiap 10 tahun sekali. Ini juga termasuk untuk orang dewasa.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *